7 Cara Agar Kartu SD Tidak Cepat Rusak

By | Juli 9, 2019
Cara Agar Kartu SD Tidak Cepat Rusak

Cara agar kartu sd card tidak rusak ini banyak sekali yang hendak mencari dan ingin mengetahui lebih lanjut. Hal tersebut dikarenakan banyak para pemilik smartphone yang menggunakan kartu sd card, mengalami kerusakan kartu mmcnya. Entah itu kartu memori tidak mau terbaca, tidak mau terdeteksi dan masih banyak lainya.

Belum lagi jika file atau data yang berada di dalam kartu memory card tersebut rusak dan hilang. Pasti akan sangat bahaya sekali, belum lagi jika terdapat tufas yang sangat penting sekali, pasti nangis jika hilang. Maka dari itu disini sangat penting sekali dalam merawat kartu sd agar tidak cepat rusak.

Kebanyakan para pengguna kartu sd card, sangat asal-asalan sekali dalam menggunakan kartu sd. Mulai dari faktor internal ataupun eksternal. Seperi halnya jika melalui faktor internal, yaitu ketika anda saling transfer data dari laptop ataupun dari komputer yang belum tahu jelas kesehatan pc. Serta faktor eksternal entah itu ketika mencopot kartu mmc dan sebagainya.

Sebenarnya mengenai cara merawat agar kartu memory card tidak cepat rusak sangat mudah sekali. Mungkin jika anda praktik langsung bisa, akan tetapi untuk anda yang belum jelas maka biasanya akan bingung sekali. Namun anda jangan khawatir, karena di bawah ini akan diberikan mengenai cara agar kartu sd tidak rusak dan tetap awet.

Jadi walaupun sudah bertahun-tahun, dan kartu memory card anda tersebut tetap aman dan bisa digunakan, sampai data anda aman juga. Bagaimana penasaran bukan mengenai cara menjaga kartu sd card agar tidak cepat rusak? silahkan simak ulasan dan penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Tak Perlu Pusing, Begini Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Drop/Ngedrop!

Cara Agar Kartu Sd Tidak Rusak

1. Rutin Melakukan Scanning dengan Menggunakan Anti Virus

Seperti kita ketahui bahwa ketika kita download data melalui google ataupun download dari situs, terkadang kita tidak sadar bahwa di dalam file tersebut terdapat virus ataupun malware. Jika dibiarkan secara terus menerus di ruang penyimpanan android ataupun iphone, maka secara otomatis dapat merusak data ataupun penyimpanan kita. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut anda harus melakukan scanning dengan menggunakan anti virus.

Disini anda bisa melakukan scanning anti virus dengan menggunakan dua cara, entah itu menggunakan komputer/pc ataupun menggunakan aplikasi anti virus di perangkat android ataupun iphone. Jika di pc anda bisa menggunakan Smadav, Avira, dan lainya sedangkan untuk android ataupun iphone anda bisa menggunakan aplikasi. Seperti diantaranya yaitu clean masterSecurity Master, dan masih banyak lagi.

2. Jika Hendak Melepas Kartu SD Jangan Lupa Eject Dulu

Mungkin sering kali kita ketika hendak melepas kartu mmc dari smartphone tanpa melakukan eject terlebih dahulu ataupun lepaskan kartu sd terlebih dahulu. Tentu saja hal tersebut terkadang membuat data kartu sd menjadi hilang dan malah membuat error.

Maka dari itu jangan sampai anda lupa eject dulu agar data penyimpanan kartu memori tetap aman dan tidak terformat. Untuk caranya silahkan simak di bawah ini:

  • Buka setelan atau pengaturan
  • Setelah itu pergi ke Penyimpanan
  • Pilih Lepaskan Kartu SD
  • Maka anda tinggal lepaskan saja

Apabila anda menancapkannya di pc, maka sama seperti flashdisk proses ejectnya.

3. Lepaskan Secara Hati-Hati Jangan Sampai Tergores

Ketika anda sudah berhasil melakukan eject, maka selanjutnya tipsnya yaitu lepaskan secara hati-hati dan jangan ugal-ugalan. Karena jika anda terlalu keras, serta ada bagian kuningan yang tergores, maka siap-siap menerima resikonya. Yaitu kartu memory card anda terformat sendiri dan datanya banyak yang hilang.

Perlu anda ketahui lempengan kuning itu ibarat gelas yang mudah pecah, jadi harus hati-hati.

Baca Juga :Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Dijamin Normal Kembali

4. Jangan Terlalu Sering Pindah Memory Card Ke Hp Lain

Mungkin beberapa orang untuk mencopy file ataupun memindahkan file ke hp lain, maka kartu memory cards pun harus pindah juga. Namun anda perlu waspada jika terlalu sering melakukan hal ini, dikarenakan takutnya terdapat bagian yang rusak dan tidak pas dengan hp.

Cara agar kartu sd tidak rusak yaitu jangan terlalu sering gonta-ganti hp. Dan jika ingin mencopy file anda bisa gunakan share it dan sebagainya.

5. Jangan Terlalu Sering Dicolokin Di PC Warnet

Memang terkadang kalau kita pergi ke warnet tujuannya yaitu untuk mengerjakan tugas ataupun untuk print tugas-tugas. Biasanya kalau ke warne bawa hp dan kabel usb untuk dicolokin. Namun anda jika ingin mengerjakan tugas dan lainya, alangkah baiknya jangan sampai plug in MMC anda tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua warnet melakukan scanning rutin pada setiap perangkat pcnya. Serta saat ini virus/malware paling banyak bersumber dari warnet. Maka dari itu jika tidak ingin cepat rusak mmc anda, jangan sampai dicolokin di warnet.

Jika anda ingin print, maka tidak perlu repot-repot copy file anda ke hp lalu dicolokin di pc operator, cukup pindahkan folder ke operator saja sudah bisa kelar tugas anda tersebut.

6. Gunakan Card Reader Berkualitas Baik

Tips merawat kartu sd agar tidak cepat rusak berikutnya yaitu gunakan card reader terbaik. Mungkin anda ingin copy file atau data? jika gak ada usb ataupun lainya pasti anda akan menggunakan card reader.

Memang sih harga card reader sangat murah sekali kisaran 5 ribu sampai 15 ribu. Namun terkadang kualitas juga masih diragukan, maka dari itu kalau bisa anda jangan sampai pinjam dan harus beli sendiri agar mmc anda aman.

Mending beli kehilangan sedikit uang, daripada kehilangan file data penting kita? iya tidak?

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Total dan Tidak Mau Terbaca Di Hp dan PC

7. Jika Memegang atau Membawa Kartu Memori Pastikan Tangan Bersih

Cara agar kartu sd tetap awet yang terakhir yaitu pastikan anda membawa atau memegang mmc dengan tangan yang bersih. Jadi usahakan bebas dari debu, minyak, air dan sebagainya apabila mmc anda tetap sehat dan tidak rusak.

Karena saat ini penyebab mmc tidak mau terbaca dan terdeteksi dikarenakan kotornya permukaan kartu memory cards. Jika sudah seperti itu mengatasinya yaitu tinggal dibersihkan menggunakan penghapus karet secara perlahan.

Jadi seperti itulah mengenai cara agar kartu sd tidak cepat rusak. Bagaimana sangat mudah bukan tips dan caranya? semoga kalian semua bisa menerapkan cara ini. Agar nantinya tetap awet dan data-data penting anda terjaga dengan aman. Sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *