Cara Membuat Surat Izin Sekolah yang Baik dan Benar

By | Agustus 23, 2019
cara membuat surat izin sekolah

Cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar sebenarnya sangatlah mudah sekali. Anda tidak perlu memikirkan surat izin sekolah terlalu berat layaknya berfikir ketika ujian nasional dan sebagainya, pikir saja dengan santai. Karena di bawah ini akan diberikan mengenai cara membuat surat izin sekolah.

Untuk membuat sebuah surat izin terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan, agar surat izin tersebut jelas dan tidak asal tulis. Maka dari itu untuk menulis surat izin sekolah yang baik dan benar, maka diperlukan unsur-unsur seperti di bawah ini.

cara membuat surat izin sekolah

1. Tujuan Pengiriman Surat

Biasanya terletak di pojok kanan atas ataupun pada bagian paling atas. Dimana tujuan surat ini memiliki maksud untuk siapa surat ini ditunjukan. Entah itu ke guru mata pelajaran, guru bk, kepala sekolah dan sebagainya. Contohnya Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah SMA N 2 Bantul.

2. Alasan Izin

Kemudian ke inti surat yaitu mengenai alasan izin anda tidak berangkat sekolah. Buatlah alasan yang logis dan buatlah kalimat yang sopan mengenai alasan izinnya. Misalnya saja tidak berangkat sekolah karena ada urusan keluarga,kepentingan keluarga, membuat ktp, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya,nanti akan diberikan contohnya secara langsung.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah SMK

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

Tanggal dan tempat pembuatan surat juga sangatlah penting, untuk guru, agar tahu bahwa anda tidak masuk hari apa, serta tahu juga alamat anda membuat surat.

4.  Alamat tujuan

Selanjutnya untuk bagian alamat tujuan juga harus ada, biasanya terletak setelah kepada yth, dan baru alamat tujuan. Misalnya SMA N 2 Bantul.

5.  Salam pembuka

Salam pembuka sendiri untuk beberapa sekolah tidak wajib, akan tetapi jika ada lebih baik. Misalnya saja Assalamualaikum Wr. Wb.

6.  Kalimat pembuka surat

Kemudian untuk bagian pembuka surat, anda bisa buka surat tersebut seperti ini, dengan hormat, kami selaku orang tua atau wali murid yang bertanda tangan di bawah ini.

7.  Isi dalam surat

Berikutnya mengenai isi surat sendiri misalnya anda menginformasikan siswa yang tidak dapat masuk sekolah. Entah itu nama, nomer absen, alamat dan no hp jika ada.

8.  Salam penutup surat

Salam penutup anda bisa memberikan dan anda juga tidak usah tidak apa-apa, akan tetapi lebih baik memakai. Karena di awal ada ucapan salam pembuka dan akhir pun harus ada. Misalnya saja Wassalamualaikum Wr Wb.

9.  Nama pengirim surat

Yang terakhir anda wajib memberikan nama pengirim surat, entah itu nama anda sebagai orang tua ataupun sebagai siswa. Serta jangan lupa berikan tanggal dan tanda tangan.

Jadi itulah mengenai unsur-unsur yang harus ada dan terdapat di dalam sebuah surat izin sekolah. Kemudian biar lebih jelas lagi, maka di bawah ini akan diberikan juga sebuah contoh surat izin sekolah.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Ada Acara Pernikahan

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Bantul, 10 Oktober 2019

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Di Kelas 11 A

SMA N 2 BANTUL

Assalamualaikum Wr Wb

Dengan hormat,

kami selaku orang tua/wali murid dari:

Nama:

No Absen:

Alamat:

No Hp:

memberitahukan kepada bapak/ibu guru di kelas, bahwa anak kami yang tersebut di atas tidak dapat mengikuti mata pelajaran seperti biasanya dikarenakan sedang sakit. Maka dari itu, kami memohon agar bapak/ibu guru di kelas agar memberikan izin kepada anak kami.

Demikian surat yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Orang Tua/Wali Murid

TTD

Tukijo

Baca Juga : Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Mts

Jadi itulah mengenai cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk anda yang belum bisa membuat surat izin sekolah yang baik dan benar, sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *