Tak Perlu Pusing, Begini Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Drop/Ngedrop!

By | Juni 26, 2019
memperbaiki baterai drop

Seiring perkembangan waktu, teknologi kini pun semakin canggih dan modern, terutama pada smartphone ataupun handphone (HP). Walaupun zaman sudah semakin maju dan ada beberapa fitur yang ikut maju juga, namun tetap saja masih terdapat kekurangan. Terutama pada baterai suatu smartphone ataupun handphone yang terpasang ataupun tanam.

Seperti kita ketahui bahwa sangat besar sekali manfaat yang diberikan oleh baterai kepada Hp, tanpa baterai smartphone tidak akan menyala dan tidak akan berfungsi. Maka disini baterai menunjukan indikasi yang sangat penting. Jika terdapat suatu masalah pada baterai, tentu saja akan menjadi sebuah hal negatif ataupun sisi kekurangan yang besar.

Seperti halnya akhir-akhir ini banyak yang mengalami permasalahan pada baterai hp smartphone android. Dimana baterai tersebut cepat habis dan ngedrop ketika kondisi dan suhu hp yang mulai panas. Tentu saja jika baterai hp yang sudah ngedrop, akan berkurang tingkat kenyamanan ketika menggunakan hp.

Perlu anda ketahui juga memang penyebab baterai hp menjadi ngedrop dan hp cepat panas bermacam ragam. Namun sebelum menuju ke pembicaraan tersebut, ada hal yang perlu anda ketahui juga. Yakni dimana ketika sebuah hp menyala ataupun sesering hp digunakan, dan semakin lama maka usia hp dan baterai pun semakin lama. Nah disamping usia yang semakin lama dan waktu yang terus berjalan tersebut, baterai hp pun performa akan menurun.

Jadi kualitas dan performa menurun, tidak seperti waktu membeli hp baru saat pertama kalinya. Memang setiap orang pastinya memiliki cara tersendiri menjaga hp dan baterai tetap dalam kondisi normal. Dengan cara apapun misalnya, charger tepat waktu, menggunakan seperlunya, tidak over bermain hp dan masih banyak lagi.

Akan tetapi tiba-tiba kok baterai hp cepat habis dan malah hp mati mendadak? dan ternyata jawabannya baterai hp ngedrop. Dalam ini ditegaskan lagi, yaitu pada penggunaan dan pemakaian, yang terus berlanjut. Jika ingin hp awet dan baterai tidak cepat rusak, maka ya hp tidak usah digunakan, benar tidak?

Namun bagi anda yang sudah mencoba dengan keras untuk meminimalisir kerusakan pada baterai ataupun hp, sudah sangat bagus sekali. Akan tetapi anda mungkin juga pernah melakukan beberapa hal yang sekira membuat baterai hp cepat ngedrop. Dan mungkin juga anda melakukan beberapa hal yang menyebabkan hp cepat drop.

Baca Juga : Cara Setting Keyboard HP Xiaomi (Semua Tipe dan Jenis HP Xiaomi)

Mungkin diantara anda juga masih bingung, kira-kira apa sih yang membuat baterai cepat ngedrop?. Bagaimana penasaran bukan? dan mungkin anda berfikir bahwa penggunaan saya normal-normal saja. Eits sebelum berkata seperti itu, di bawah ini terdapat beberapa penyebab yang mungkin anda sering lakukan sehingga baterai cepat ngedrop dan boros.

Penyebab Baterai Hp Android/ Iphone Ngedrop

Disini akan diberikan mengenai ulasan penyebab baterai hp android ataupun iphone boros dan drop.

  • Usia Baterai yang Sudah Terlalu Lama

Seperti yang sudah dibahas sedikit pada bacaan di atas, bahwa faktor penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yaitu karena faktor usia baterai. Mungkin anda sudah lama sekali menggunakan hp anda dan baterai anda juga tidak pernah ganti. Misalnya saja anda sudah selama 2 atau 3 tahun ini menggunakan hp xiaomi ataupun oppo.

Maka tak heran jika baterai anda cepat ngedrop dan habis. Dikarenakan baterai hp android anda tersebut mengalami penurunan kualitas dan performa. Selain itu juga terdapat batas limit pemakaian, yang terkadang tercantum pada bagian baterai hp. Dan mungkin hal ini banyak yang tidak mengetahuinya, biasanya batas limit bermacam-macam ada yang 3 tahun dan 4 tahun. Serta anda pemakaian hp anda sudah melebihi tahun tersebut.

  • Melebihi Batas Limit Charging ataupun Pengecasan

Nah pada bagian ini , mungkin diantara masih banyak yang belum mengetahui hal ini. Biasanya setiap produsen ataupun pabrik hp tersebut memberikan ketetapan atau kebijakan mengenai pengecasan baterai hp. Misalnya saja terdapat garansi charge hp 10.000 kali pengecasan. Nah jika anda sudah melebihi batasan itu, maka baterai menjadi boros dan ngedrop.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Google Drive Error Di Android dengan Cepat dan Ampuh

  • Menggunakan Baterai Non Orisinil atau Tidak Original

Memang kebanyakan saat ini pernah mengganti baterai hp yang tidak asli dikarenakan dulu baterai yang asli boros dan ngedrop. Dan dikarenakan banyak sekali faktor. Perlu anda ketahui memang batre bawaan pabrik akan selalu lebih cocok dan pas daripada batere yang baru saja beli dengan merk berbeda. Walaupun baterai yang anda beli tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Karena setiap hp terdapat settingan ataupun pengaturan sendiri.

Hal tersebut sudah dirancang sedemikian rupa oleh pihak pabrik pembuat smartphone android tersebut. Maka tak heran jika baterai yang anda gunakan tersebu cepat habis dan ngedrop.

  • Baterai Sudah Rusak ataupun Tidak Normal/Soak Bawaan Dari Pabrik

Mungkin ini sering kali terjadi juga, ketika baru saja membeli sebuah hp android ataupun iphone, dimana tidak mengecek secara teliti kualitas hp dan baterai. Biasanya akan mengalami dimana baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Selain itu tiba tiba juga habis dan ngedrop apabila hp dalam kondisi panas sedikit. Memang tak jarang kerusakan yang terjadi dikarenakan bawaan oleh pabriknya. Maka dari itu anda jika baru saja membeli hp, harus teliti cek keseluruhan bagian hp, terutama batere.

  • Baterai Dalam Kondisi Rusak Dikarenakan Tidak Sengaja Jatuh dan Sebagainya

Jika mungkin baterai anda pernah jatuh ataupun tertlindas dan sebagainya, maka tak heran jika baterai hp android anda tiba tiba cepat habis dan rusak ataupun boros. Biasanya hal tersebut dikarenakan terdapat kebocoran pada batre, dan terkadang juga ada yang sampai baterainya mengeluarkan bunyi berdesis.

  • Kesalahan pada Saat Charging atau Charger Hp

Penyebab ini bisa dibilang bahwa penyebab yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone android ataupun iphone saat ini. Kesalahan pengecesan seperti ini, misalnya saja mulai melakukan pengecasan ketika baterai tidak memiliki daya sepersenpun. Jadi baterai 0% baru dicharger, dan tentu saja hal tersebut dapat menurunkan kualitas batre pada hp android. Maka dari itu chargerlah baterai hp sekira baterai hp tinggal 20% ataupun 10% dan jangan sampai habis baru dicharge.

Selain itu ada juga kesalahan charging, biasanya dilakukan ketika malam hari. Jadi ketika hendak tidur, baterai hp sudah dalam kondisi misalnya saja 5%, lalu dicharge. Biasanya ketika bangun atau pagi hari, kita ambil contoh pukul 6 pagi, baru dicabut kabel chargernya. Dan angka presentase baterai sudah 100%, padahal seperti kita ketahui bahwa pada umumnya saja baterai akun full kurang lebih membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Jika selebihnya, maka baterai anda sudah error ataupun boros.

Nah jika anda sampai melebihi ataupun over maka tak heran jika baterai anda ngedrop dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan kelebihan daya yang diterima, dan menimbulkan baterai kembung ataupun gembung.

  • Menggunakan Charger yang Salah

Sering kali kita pada saat melakukan pengecasan menggunakan kabel yang salah, entah itu charger yang palsu dan tidak original. Tentu saja hal tersebut memicu baterai anda menjadi lebih cepat ngedrop dan cepat habis.

Nah jadi itulah mengenai beberapa penyebab kenapa baterai anda menjadi ngedrop. Dalam memperbaiki batere hp yang ngedrop, anda memerlukan yang namanya Kalibrasi Baterai.

Mungkin diantara anda belum tahu mengenai apa itu Kalibrasi Baterai? secara simplenya kalibrasi baterai bertujuan untuk mengembalikan kondisi baterai yang lama menjadi seperti baru lagi. Selain itu juga sudah banyak yang membuktikan bahwa cara ini sangat ampuh dalam memperbaiki baterai ngedrop.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Android dan Iphone dengan Mudah dan Cepat

Sebelum memperbaiki baterai drop dengan kalibrasi baterai, terdapat beberapa syarat yang perlu anda perhatikan dalam kalibrasi batre.

  1. Baterai tidak mengalami kebocoran
  2. Baterai tidak dalam kondisi menggembung/gembung
  3. Baterai belum pernah terendam air
  4. Bebas dari kerusakan fisik lainya.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android yang Ngedrop/Drop

Cara untuk mengkalibrasi baterai di hp android ini sangatlah mudah sekali. Tidak harus ahli it yang menjalankannya, karena anda pun langsung praktik memperbaiki baterai drop.

Disini akan dijelaskan dua cara :

a. Kalibrasi tanpa root hp

b. Kalibrasi dengan root hp

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu root hp, anda bisa klik apa itu root hp.

Cara Aman Kalibrasi Baterai Tanpa Root

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu cukup nyalakan smartphone android anda. Kemudian chargerlah hingga 100% atau dengan kata lain cas lah hingga ful 100%. Nah ketika kondisi baterai sudah penuh, silahkan matikan hp anda tersebut.
  • Nah disini pasti hp anda dalam kondisi mati, kemudian anda charger lagi dengan durasi kurang lebih 1 hingga 2 jam.
  • Jika sudah memenuhi waktu tersebut, dan ingat charger jangan dicabut dulu, lalu nyalakan kembali hp anda.
  • Sekira sudah menyala, maka anda silahkan gunakan hp anda tersebut, hingga batre habis total. Akan tetapi usahakan jangan sampai hp dalam kondisi terlalu panas.
  • Jika baterai sudah habis, jangan langsung dicharger terlebih dahulu, anda cukup diamkan kurang lebih 15 menit hingga 30 menit an. (hp dalam kondisi mati).
  • Jika sudah memenuhi waktu tersebut, silahkan cas hp anda dalam kondisi mati. Tunggu hingga 100% , jika sudah 100% maka nyalakan hp.
  • Selesai!
  • Lalu anda gunakan hp sewajarnya agar baterai tidak ngedrop lagi. Jadi simplenya seperti itu memperbaiki baterai drop.

Jadi seperti itulah cara kalibrasi baterai hp yang drop. Bagaimana sangat mudah bukan? selanjutnya di bawah ini akan dibahas mengenai cara kalibrasi batere hp root-rootan. Jadi disini nanti akan memanfaatkan aplikasi, dalam kalibrasi hp dan tentunya masih dalam konteks memperbaiki baterai drop.

Cara Kalibrasi Baterai Hp Menggunakan Aplikasi

Ingat sebelum melakukan cara ini, pastikan anda sudah root hp anda ataupun jika tidak di root juga tidak apa-apa. Untuk yang belum mengetahui cara root hp, berikut cara root hp dengan mudah.

1. Langkah yang perlu anda lakukan yaitu download lah terlebih dahulu aplikasi yang bernama Advanced Battery Calibrator. Jika sudah selesai download, maka silahkan tinggal pasang saja.

2. Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut, dan ingat pastikan internet anda sudah menyala ataupuna aktif data selulernya.

3. Berikutnya tinggal pilih Calibrate Now.

4. Ikuti petunjuknya, maka aplikasi akan mendeteksi secara otomatis apakah root ataupun tidak di root.

5. Selesai! maka kalibrasi baterai sudah beres.

Jadi itulah mengenai cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop dengan mudah. Bagaimana cukup mudah bukan? cara memperbaiki baterai drop. Anda tidak perlu menyuruh orang yang ahli it dalam hal ini. Selain itu anda juga bisa menghemat biaya , jadi tidak beli baterai lagi. Semoga bermanfaat untuk anda sekian dan terima kasih.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *