Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Dijamin Normal Kembali

By | Juni 28, 2019
baterai laptop cepat habis

Seiring berjalannya waktu, tentu saja performa baterai laptop pun juga akan menurun. Sama halnya dengan baterai hp yang sudah ngedrop. Laptop pun demikian, jika mobilitas kita dalam menggunakan laptop pun sangat sering, maka tak heran jika menurun. Jika sudah menurun biasanya baterai laptop pun cepat habis dan tiba-tiba sudah mau mati saja laptopnya, karena kehabisan daya.

Memang ketika baterai sudah cepat habis, dapat mengganggu sekali dalam rangka menyelesaikan pekerjaan ataupun tugas. Apalagi untuk anda yang super duper sibuk, dimana-mana harus bawa laptop untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan. Memiliki daya baterai laptop yang lebih, merupakan hal yang diinginkan.

Akan tetapi memang tidak sesuai dengan realita apa yang terjadi, dan malah baterai laptop cepat habis. Perlu anda ketahui beberapa penyebab, kenapa baterai laptop tiba-tiba habis sendiri. Dalam kasus tersebut, memang ada yang habis sendiri dikarenakan baterai laptop sudah berusia lama. Atau dengan kata lain sudah lama usianya, dan ada juga yang baru beli, akan tetapi baterai laptop cepat habis padahal baru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Not Genuine dengan Software dan Tanpa Software! Tinggal Pilih Saja!

Dalam hal ini sangat perlu sekali mengetahui beberapa penyebab baterai laptop cepat mati. Dan mungkin anda sering melakukannya juga ataupun jika produk masih baru, terdapat kerusakan dari pabrik. Akibatnya, baterai laptop masih baru, tapi malah tiba tiba baterai habis dan mati.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

1. Kesalahan Dari Pabrik

Penyebab yang pertama ini dikarenakan mungkin ketidak telitian anda ketika membeli laptop anda tersebut. Jadi mungkin dulu tidak teliti, dan tidak di cek satu per satu. Jadi disini yang dimaksud kesalahan pabrik yaitu terdapat keerroran ataupun barang tidak sempurna dalam proses pembuatan laptop. Jika laptop anda masih baru dan belum lama beli.

Akan tetapi tiba-tiba baterai laptop cepat kosong padahal masih baru, maka inilah penyebab utamanya. Terdapat baterai laptop yang tidak sempurna atau dengan kata lain kesalahan pabrik. Jika anda merasa ini kesalahan pabrik, silahkan tukarkan saja laptop anda tersebut dengan garansi toko ataupun garansi pabrik.

2. Menggunakan Laptop Saat Dicharger/ Dicas

Sering kali kita temukan, kebanyakan orang-orang saat ini menggunakan laptop, dan laptop pun sedang dalam keadaan dicas. Tentu saja jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkala, dapat mengurangi usia baterai. Serta yang paling fatal yaitu baterai bisa cepat habis dan drop. Hal ini dikarenakan jika sedang dicas ada daya yang masuk dan digunakan ada daya yang keluar, jadi sama saja boong. Bagaimana paham kan?

Baca Juga : 6 Tips dan Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Mudah

3. Membiarkan Baterai Laptop Dalam Keadaan Kosong dan Tidak Dicharger

Kesalahan yang sering dilakukan selanjutnya yaitu membiarkan baterai laptop dalam kondisi baterai kosong atau daya kosong. Serta malah tidak dicharge atau dicas. Hal ini sebenarnya mengakibatkan hal yang fatal lagi seperti baterai cepat habis, dan laptop tidak bisa hidup sama sekali. Nah ini penyebab yang sering terjadi dan sangat bahaya sekali. Maka dari itu jangan biarkan baterai sampai kosong oke?

4. Menggunakan Laptop Secara Berlebihan

Pada umumnya sebuah laptop dibuat untuk melakukan pekerjaan yang ringan saja, kira kira penggunannya kurang lebih 2-4 jam saja. Jika lebih, mungkin baterai sudah habis dan tidak kuat lagi. Nah bayangkan jika penggunaan laptop hingga 24 jam full, serta dalam keadaan baterai laptop di cas, pasti hal tersebut membuat laptop cepat rusak dan tidak awet.

5. Peletakan Laptop yang Salah

Penyebab baterai laptop cepat habis berikutnya yaitu dikarenakan peletakan laptop yang salah. Hal ini tentu saja ketika anda tidak begitu memperhatikan posisi laptop atau penaruhan laptop anda tersebut. Sering kali ditemukan dalam menyimpan laptop di dekat barang elektronik lainya yang bisa menghasilkan panas berlebihan. Seperti halnya menaruh laptop di atas televisi tabung, hal tersebut sangat berbahaya sekali.

Karena televisi yang digunakan terlalu lama, maka akan memunculkan dan menghasilkan panas. Serta jika terlalu lama di taruh di atas televisi, maka akan membuat baterai laptop pun terlalu sering terkena panas. Akhirnya baterai cepat rusak dan cepat drop habis.

Bagaimana sudah tahu penyebab baterai laptop cepat habis bukan? mungkin anda ada yang sering melakukan beberapa penyebab di atas? maka anda harus cepat cepat menghilangkan beberapa kebiasaan di atas. Agar nantinya baterai laptop anda tidak cepat habis lagi.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Dalam memperbaiki baterai laptop yang cepat habis, sebenarnya sangat mudah sekali dan anda tidak perlu di bawa ke tempar servis laptop, yang terkadang biaya nya sangat mahal melebihi harga baterai laptop yang baru.

  • Isi Daya Baterai Laptop Hingga Full

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis dan ngedrop yang pertama yaitu isi penuhlah daya baterai laptop anda tersebut hingga 100%. Ingat chargerlah menggunakan charger laptop asli, agar nantinya tidak cepat rusak juga baterai anda. Jangan sampai gunakan kabel charger laptop lain, walaupun merknya sama.

  • Mengatur Daya

baterai laptop cepat habis

Untuk mengatasi baterai laptop anda yang cepat habis, anda harus mengatur dan setting opsi daya pada laptop anda. Cara menuju seperti gambar di atas sangat mudah sekali, tinggal klik logo baterai pada menu navigasi di bawah. Selanjutnya untuk seperti gambar di bawah silahkan klik More Power Options. Oiya, anda harus mengaktifkan mode Balance, jadi itu sebelum klik More Power Options. Selanjutnya tinggal setting saja Turn Off the Display, pada baterai bertuliskan Never serta Put The computer to sleep menjadi Never. Jika anda bingung untuk masuk seperti gambar di bawah ini, maka klik saja pada bagian Change Plan Settings.

baterai laptop cepat habis

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Pada Smartphone, Komputer ataupun Laptop dengan Mudah

Jika sudah silahkan Save Changes.

  • Menyiapkan Hibernasi 

Langkah selanjutnya untuk mengatasi baterai laptop anda cepat habis yaitu anda perlu menyiapkan hibernate atau hibernasi. Silahkan setting saja dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Klik logo baterai pada garis bar di bawah atau menu navigasi di bawah (pojok kanan bawah) pada umumnya.
  2. Pilih Power Plan menjadi Balanced.
  3. Setelah itu tinggal klik More Power Options.
  4. Berikutnya klik Change Plan Settings
  5. Dilanjut dengan Change Advanced Power Settings.
  6. Silahkan scroll ke bawah cari yang bernama Battery.
  7. Jika sudah ketemu silahkan klik saja, lalu pilih Low Battery Level, dan atur menjadi 5%.
  8. Terakhir tinggal di APPLY dan OK.
  • Habiskan Baterai Laptop Hingga Habis dan Laptop Kondisi Hingga Tidak Ada Daya

Jika anda sudah mengikuti langkah dari awal dan sudah mencapai langkah ini, maka langkah berikutnya yaitu silahkan diamkan saja laptop anda tersebut hingga baterai habis atau laptop sudah mati sendiri.

  • Charger Hingga Penuh Lagi

Jika sekira sudah habis, maka silahkan charger lagi baterai laptop anda tersebut hingga full. Setelah itu gunakanlah laptop sewajarnya, dan hindari beberapa kesalahan dan penyebab yang membuat baterai laptop anda cepat jadi habis.

Bagaimana sangat mudah bukan mengenai cara memperbaiki baterai laptop cepat habis dan tiba tiba mati. Semoga bermanfaat untuk anda, selamat mencoba! sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *