6 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Pada Smartphone, Komputer ataupun Laptop dengan Mudah

By | Juni 7, 2019
flashdisk tidak terbaca

Mungkin diantara anda ketika menancapkan flashdisk pada laptop atau di komputer, flashdisk tidak mau terbaca. Memang jika sampai flashsdisk tidak terbaca akan sangat menyebalkan sekali. Apalagi jika di flashdisk tersebut tersimpan file-file penting. Seperti diantaranya ada tugas kuliah, data penting, foto-foto kenangan , dan masih banyak lainya yang intinya sangat penting.

Dalam rangka mengatasi flahsdisk yang tidak terbaca di laptop ataupun PC sebenarnya memperbaikinya tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah. Jadi normal aja, dan dijamin anda pasti bsia mengatasinya. Hal tersebut tergantung dari penyebab, kenapa flashdisk tidak terbaca. Mungkin banyak yang mengalami masalah flahsdisk tidak terbaca.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save dengan Cepat [Rekomended]

Nah untuk anda yang mengalami masalah tersebut anda tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini akan diberikan mengenai cara mengatasi flahsdik yang tidak terbaca.

6 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Laptop, Komputer, dan HP

Di bawah ini disediakan berbagai macam cara, dan anda bisa mencobanya satu-satu sampai berhasil. Selain itu juga semua jenis flahsdisk dan laptop bisa diterapkan menggunakan cara-cara ini.

1. Bersihkan Port USB

Pada saat flashdisk tidak terbaca, mungkin kebanyakan anda akan panik, karena memang banyak file yang penting. Setelah itu pasti juga bertanya-tanya juga “kenapa sih kok flahsdisk tidak terbaca di laptop windows 7/8/10?”

Biasanya banyak para orang, ketika flashdisk tidak terbaca akan berpikir bahwa komputer atau laptop terkena virus. Eits jangan secepat itu mengambil kesimpulan, bisa juga bahwa port USB anda yang kotor dan jarang dibersihkan. Maka jika port USB kotor, data tidak bisa mengalir pada komputer ataupun pada bagian lempengan kuning tidak terkena pada bagian komputer atau laptop seperti pada umumnya.

Maka dari itu anda harus cabut terlebih dahulu flashdisknya, setelah itu tinggal bersihkan port USB nya. Anda bisa membersihkan port usb yang kotor dengan menggunakan tisu ataupun kain bersih. Bersihkan dengan perlahan sampai bersih, setelah itu coba colokan kembali flahsdik anda tersebut.

Jika sekira tidak ada kerusakan lain, seharusnya bisa terbaca dengan normal flahsdisknya. Akan tetapi jika masih error atau tidak mau terbaca, maka gunakan cara selanjutnya di bawah ini.

2. Gunakan Port Lain

Seperti kita ketahui pada laptop ataupun komputer, biasanya terdapat 2 sampai 4 port. Jika mungkin semua port bawaan komputer atau laptop anda, ketika sudah dicolokan flashdisk akan tetapi tidak mau terbaca. Maka anda bisa menggunakan port lain. Biasanya terdapat salah satu port yang rusak, sehingga fd tidak mau terbaca.

Maka solusinya anda bisa mencoba semua port yang terdapat di pc atapun di laptop. Apabila cara ini tetap tidak bisa mengatasi, maka gunakan cara selanjutnya di bawah ini.

3. Gunakan Port Eskternal

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca berikutnya yaitu menggunakan port eksternal. Mungkin cara sebelumnya yaitu menggunakan port lain yang terdapat pada pc ataupun laptop. Serta sudah di coba semua, dan akan tetapi tetap tidak bisa kebaca. Maka anda bisa menggunakan port eksternal.

Mungkin  diantara anda ada yang belum mengetahui apa itu port eksternal? secara sederhananya port eskternal merupakan port usb penghubung antara flahsdisk dengan komputer atau Pc dengan port internal/bawaan pc.

Jika anda belum mempunyai port eksternal, maka anda bisa membeli di toko elektronik dan di online shop pun juga sudah banyak dengan varian harga yang sangat murah.

Apabila sudah membeli, maka berikutnya tinggal hubungkan saja flashdisk anda tersebut dengan port eksternal, setelah itu port eksternal anda tancapkan ke port internal pc atau laptop.

4. Coba Di Laptop atau Komputer Lain

Aapabila semua perangkat anda sudah dicoba, akan tetapi flashdisk tetap tidak mau terbaca maka langkah selanjutnya coba di komputer atau laptop lain. Anda bisa meminjam laptop atau pc teman anda untuk mengetes apakah port pc anda error atau tidak. Jika sekira waktu di colokan di tempat teman anda bisa, maka kemungkinan yang error portnya dan bukan flashdisknya. Jika tidak bisa maka sebaliknya.

Apabila pada port pc error atau port internal dan eksternal error, anda bisa mengganti internalnya dengan membeli di toko komputer. Selain itu harganya tidak mahal juga, bahkan di online shop pun anda bisa membeli.

5. Menggunakan Aplikasi HDD Low Level Format

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop ataupun komputer yang sangat mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa cara ini sering kali juga digunakan install os lewat flashdisk. Nah apabila fd yang anda gunakan untuk menginstall sistem operasi tidak mau terbaca, maka disinilah peran penting dari aplikasi HDD Low Level Format.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut mampu dengan cepat memformat atau menghapus seluruh data hingga sampai ke akarnya sekalian. Hal tersebut dengan catatan, kondisi flashdisk anda tidak rusak sama sekali. Na bagaimana tertarik dengan cara ini? selain itu jika anda tertarik anda bisa download dan unduh aplikasinya di website resmi HDDGURU.

6. Coba Gunakan Fitur “Computer Management”

Pada umumnya ketika kita hendak mengatur file yang terdapat pada flashdisk maka biasanya menggunakan explorer bawaan. Tapi perlu anda ketahui, bahwa menggunakan cmd pun bisa loh. Apabila menggunakan cmd , tapi flashdisk tetap tidak mau terbaca dan tidak muncul, maka flashdisk andalah yang bermasalah. Maka dari itu anda bisa menggunakan fitur disk management ini. Berikut terdapat cara-cara atau tutorial perlangkahnya, simak agar paham caranya.

Baca Juga : Cara Bypass Akun MI Cloud / Xiaomi yang Lupa Password dan Terkunci (Locked) dengan PC

Perhatian : Sebelum anda menggunakan cara ini, pastikan data data di flashdisk anda sudah tersimpan, karena data data tersebut akan terhapus.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu colokan fd anda ke port usb pada laptop ataupun komputer anda.
  • Selanjutnya buka saja program Run dengan cara klik saja tombol start ataupun windows, lalu ketikan saja Run, jika sudah enter.
  • Berikutnya anda ketika sudah membuka program Run , maka ketiklah “compmgmt.msc” , selanjutnya anda pilih menu Storage , berikutnya pilih Disk Management.
  • Apabila fd anda tidak rusak, maka secara otomatis akan terdeteksi dan menjadi sebuah drive baru di pc anda. Selain itu juga terkadang akan muncul terdeteksi 0 bytes, its no problem. Disini paling penting fd anda masih bisa terbaca oleh PC.
  • Setelah itu anda pada drive klik kanan lalu pilih saja menu Create Partition.
  • Terakhir tinggal klik format saja.

Jadi itu saja mengenai cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, apabila sudah benar benar telah diperbaiki, maka jangan lupa scan flashdisk anda tersebut. Agar nantinya tidak mudah kena virus ataupun error lainya. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *