Cara Ampuh Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Dicharge/ Mengisi Daya

By | Juli 1, 2019
tidak bisa mengisi baterai laptop

Mungkin ketika anda hendak charger laptop anda, akan tetapi tiba-tiba laptop tidak bisa dicharge? dan tidak mau terisi baterainya? Jika sudah terjadi hal seperti itu mungkin anda langsung panik dan bingung ingin cepat memperbaiki masalah tersebut. Seperti kita ketahui apabila baterai laptop tidak mau ngecas, dan lama kelamaan pasti akan mati karena tidak ada daya listrik yang masuk.

Jika anda mengalami hal tersebut, pastinya banyak kegiatan yang terhambat apabila laptop tidak memiliki daya sepersenpun. Apalagi jika sedang banyak tugas, deadline, dan laporan yang harus anda selesaikan pada hari itu juga. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya pinjam laptop teman ataupun datang ke warnet untuk mengerjakan deadline, laporan dan sebagainya.

Namun jalan memang tak selalu lurus, mungkin banyak teman anda yang tidak memiliki laptop serta warnet pun begitu jauh jaraknya. Serta tidak memungkinkan sekali untuk mengerjakan tugas, dan akhirnya pasrah saja mengenai masalah tersebut.

Sebenarnya cara mengatasi laptop tidak bisa charge ini sangat sederhana sekali apabila hanya terdapat sedikit kerusakan.Serta anda bisa memperbaiki baterai laptop tidak mau ngecas tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, hampir semua jenis merk laptop pun bisa. Mulai dari Acer, Lenovo, Asus, Hp, dan masih banyak lagi.

Dan pastinya cara ini sangat mudah sekali dilakukan untuk pemula ataupun yang tidak ahli dalam bidang IT. Bagaimana penasaran dengan cara memperbaiki laptop tidak bisa dicharge saat mati? berikut di bawah ini akan ada ulasannya. Akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memperbaikinya, alangkah baiknya anda mengetahui beberapa penyebab kenapa laptop tidak mau ngecas dan 0% terus.

Baca Juga : Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Dijamin Normal Kembali

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dicharge

  • Charger Rusak

Kemungkinan besar yang pertama kenapa baterai laptop tidak mengisi saat dicas yaitu charger rusak. Entah itu bagian kabel yang rusak ataupun pada bagian kepala charger.

  • Lubang Charger pada Laptop Rusak

Selanjutnya penyebab baterai laptop tidak bisa dicas, kemungkinan dikarenakan terdapat kerusakan pada lubang atau lubang untuk colokan charger. Entah itu mungkin rusak dikarenakan pernah terkena air, minyak dan kemasukan begitu banyak debu.

  • Driver Baterai

Driver baterai pun bisa saja menjadi salah satu penyebab kenapa tiba tiba laptop tidak mau ngecas padahal sudah ditancapkan.

Jadi itulah beberapa penyebab yang sering terjadi ketika laptop tidak mau terisi daya baterainya. Untuk cara mengatasi ataupun memperbaikinya. Silahkan simak ulasan di bawah ini:

Baca Juga : Cara Install Google Chrome Di Ubuntu [Lengkap]

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Dicharge

1.  Coba Gunakan Charger Laptop Lain

Jika sekira laptop sudah ditancapkan charger, akan tetapi tetap tidak mau terisi dan 0% terus, maka coba gunakan charger laptop lain. Anda bisa meminjam charger laptop lain milik teman anda ataupun saudara anda dan tentunya harus sama merknya agar bisa dicolokan. Jika sudah meminjam, maka langsung saja coba anda colokan, apakah mau terisi atau tidak.

Jika tetap tidak mau ngecas ataupun terisi, maka ada dua kemungkinan. Entah itu driver baterai yang error ataupun bagian komponen charger di dalam laptop. Maka dari itu silahkan lakukan selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian dan Error

2. Update Driver Baterai

Apabila masalahnya pada driver baterai laptop, maka silahkan anda update driver baterai laptop yang terbaru. Pada umumnya drivers baterai laptop terdapat berbagai macam jenis. Seperti diantaranya yaitu Microsoft AC AdapterMicrosoft ACPI-Compliant Control Method Battery, dan Microsoft Composite Battery. Nah silahkan update ketiga driver baterai laptop tersebut. Berikut cara updatenya:

a. Langkah pertama anda masuk ke menu explorer atau beranda explorer. Jika sudah masuk ke explorer, maka klik kanan pada bagian Computer ataupun my computer, dan pilih Manage. Apabila anda bingung dan kurang paham, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

laptop tidak mau dicas

b. Jika sudah maka anda tinggal pilih Batteries, kemudian akan muncul ketiga driver baterai yang sudah disebutkan tadi.

laptop tidak bisa dicharge

c. Selanjutnya lakukan update satu per satu ketiga drivers baterai tersebut. Caranya tinggal klik kanan setelah itu Update Driver Software… . Jika sudah update, lalu anda coba colokan cas laptopnya. Setelah itu dicek apakah masih error atau tidak, dan mau masuk atau tidak dayanya. Jika sekira masih error dan tidak mau mengisi saat dicas, maka coba hapus drivers, dan coba download lagi dan pasang. Apabila masih error dengan menggunakan cara ini, silahkan coba cara berikutnya di bawah ini.

Baca Juga : 6 Tips dan Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Mudah

3. Restart Laptop

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop tidak mau charge yaitu coba restart laptop anda. Apabila laptop anda masih memiliki baterai, maka cara ini bisa dicoba. Coba anda lakukan restart laptop, selanjutnya jika sudah proses restartnya selesai, dilanjut dengan mencolokan charger apakah mau terhubung atau tidak. Serta anda harus ingat bahwa mencoba cara ini, anda diwajibkan memiliki charger yang sehat dan normal. Jika sudah mencoba akan tetapi tetap tidak bisa, maka gunakan cara selanjutnya.

4. Gunakan Laptop Tanpa Baterai

Mungkin diantara anda ada yang masih bertanya-tanya emangnya bisa menggunakan atau menyalakan laptop tanpa baterai? jawabannya yaitu bisa. Jika laptop anda mau menyala ketika dicolokan menggunakan charger, walaupun tanpa baterai, maka kemungkinan penyebab tidak bisa dicharger karena baterai yang rusak. Maka dari itu agar bisa, ganti baterai laptop yang sudah ngedrop tersebut.

5. Bawa Ke Tempat Service

Jika sekira semua cara telah dicoba akan tetapi hasilnya sama saja dan laptop tidak bisa charge maka upaya terakhir yaitu membawa laptop ke tempat service. Memang untuk hal ini pastinya akan bisa diperbaiki, karena diperbaiki oleh ahlinya langsung. Tapi ya itu, anda harus membayar biaya service laptop tidak bisa charge. Biasanya untuk memperbaiki kerusakan seperti ini kurang lebih habis 200 hingga 500 ribu, tergantung kerusakan. Bahkan bisa lebih murah juga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Not Genuine dengan Software dan Tanpa Software! Tinggal Pilih Saja!

Namun sebelum anda membawa ke tempat service, pastikan tempat service yang hendak ingin anda tuju tersebut sudah pengalaman dan terpercaya. Karena saat ini banyak tempat service abal-abalan dan hasilnya kurang memuaskan. Jika sampai laptop anda sudah di bawa ke tempat service, akan tetapi hasilnya nihil, maka tidak ada harapan lagi laptop tersebut. Beli lagi bosku:)

Jadi seperti itulah mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa dicharge dengan mudah dan cepat. Bagaimana sangat mudah bukan mengenai tutorial dan caranya? semoga bermanfaat untuk anda dan masalah cepat teratasi. Sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *