4 Penyebab Viewers YouTube Sedikit dan Tidak Bertambah

By | Agustus 8, 2019
penyebab viewers youtube sedikit

Setiap youtubers pastinya menginginkan sekali apabila video yang diunggah di channel youtubenya memiliki banyak viewers ataupun penonton. Namun kenyataannya tidak semudah dibayangkan, banyak sekali para youtuber khususnya youtuber pemula yang menyerah di tengah jalan untuk menjadi seorang youtuber yang sukses.

Memang untuk menjadi youtuber bisa dibilang susah-susah gampang, susahnya ya harus kreatif dan berfikir kristis membuat konten yang fresh dan berkualitas, gampangnya ketika sudah bisa mendapatkan uang dan viewers tinggi, maka uang akan mengalir seperti air.

Kebanyakan para youtubers pemula lebih mementingkan ingin mendapatkan uang secara cepat agar cepat kaya dan jadi sultan. Padahal konten video yang disajikan belum begitu sempurna, jadi lebih fokus uang daripada konten. Padahal jika prinsip itu ditanamkan maka untuk menjadi seorang youtuber sukses pun jauh dari jangkauan.

Baca Juga : 4 Tips Mudah Diterima Monetisasi Google Adsense Youtube Terbaru 2019

Maka dari itu biasanya banyak yang akan menyerah di tengah jalan karena hanya memiliki viewers kecil ataupun jumlah penonton video anda terlalu sedikit. Sebelum anda melanjutkan membuat video dengan jumlah yang banyak, maka anda sangat perlu sekali mengetahui beberapa penyebab kenapa viewers video yang ada di channel youtube anda sedikit dan bahkan sampai tidak ada. Maka berikut di bawah ini terdapat penyebab viewers youtube sedikit.

Penyebab Video YouTube Sepi dan Penonton Sedikit

Sebenarnya terdapat berbagai kesalahan yang pada akhirnya membuat channel youtube anda terasa sepi tidak ada penonton bahkan yang melihat video anda satupun. Nah untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan uraian di bawah ini.

1. Membuat Judul Sendiri yang Tidak Ada Kata Kuncinya

Jadi seperti ini, banyak sekali youtubers pemula ikut-ikutan seperti youtuber yang sudah sukses dan sudah berhasil channel youtubenya dalam hal membuat judul. Misalnya saja channel youtube Raditya Dika membuat sebuah video dengan judul JAKARTA MATI LISTRIK! BAYI NGUNGSI KE HOTEL!

Jika seperti itu maka view video bang Raditya Dika ini bisa sampai jutaan, bahkan bisa menjadi Trending di youtube. Sedangkan anda juga ikut-ikut dan pada akhirnya view seret. Bahkan Ria Ricis juga hanya membuat judul Pamit, bisa menjadi Trending. Dan yang paling gokil yaitu youtuber Milyhya yang hanya konten video kurang dari 1 menit dengan judul Manca Mana Bang? bisa trending no 1 di youtube dan pada akhirnya mendapatkan view 5 jutaan lebih.

Baca Juga : 10 Cara Jitu Menambah Subscriber Youtube dengan Cepat dan Aman

Wow sangat fantastis bukan? mereka mendapatkan view seperti itu sangatlah wajar walaupun tidak menggunakan kata kunci. Karena mereka semua sudah memiliki popularitas jadi tidak perlu mencari view. Karena sudah banyak fans yang menantikan video dari ketiga youtubers tersebut.

Sedangkan untuk anda mungkin baru saja memulai di dunia peryoutubean, dimana channel youtube anda masih baru dan mungkin belum diindeks oleh youtube. Salah satu ciri belum diindeks oleh youtube yaitu ketika anda mencari pencarian nama channel tersebut maka susah untuk ditemukan. Sedangkan jika sudah diindeks maka sebaliknya.

Maka dari itu untuk point ini anda harus bisa membuat judul yang sekira orang-orang bakal mencari video anda tersebut. Misalnya saja anda membuat video berisi ucapan selamat hari raya idul adha 2019. Judul yang pas di video tersebut yaitu ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2019 yang Kekinian.

Kebanyakan orang-orang akan mencari dengan kata kunci UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2019. Lalu mungkin anda bertanya-tanya kok ada Kekinian nya? nah sebenarnya itu ada kata pemanis agar nantinya banyak yang tertarik dan ingin melihat video atau konten yang anda buat tersebut. Jadi pada dasarnya seperti itu. Bagaimana paham bukan? Oke langsung saja bahas penyebab viewers youtube sedikit berikutnya.

2. Tidak Mengisi Deskripsi Video YouTube

Padahal deskripsi video sangatlah penting untuk menjelaskan kira kira apa sih maksud yang ada di dalam konten video anda. Namun kenyataanya banyak sekali yang membiarkan dan tidak mengisi deskripsi untuk video tersebut. Jadi cuma asal upload video saja. Perlu anda ketahui memang pada intinya deskripsi bermanfaat untuk menjelaskan video anda itu tentang apa atau dengan kata lain intinya menjelaskan video youtube anda tersebut.

Disamping itu ada hal penting juga yang mampu meningkatkan jumlah penonton video youtube anda loh. Dimana ketika anda menyisipkan banyak kata kunci misalnya saja kembali ke tadi yaitu ucapan selamat hari raya idul adha 2019. Nah di video tersebut saya akan contohkan deskripsinya yaitu di bawah ini.

Assalamualaikum Wr Wb, pada video kali ini saya memberikan video ucapan selamat hari raya idul adha 2019 yang bisa anda jadikan story di instagram,facebook ataupun whatsapp. Di video ini juga merupakan video kata kata selamat hari raya idul adha 2019 yang menyentuh hatiTak hanya itu juga kata kata tersebut juga bermaksud sebagai video ucapan selamat lebaran idul adha 2019. Wassalamualaikum Wr Wb

Silahkan pertama anda perhatikan saja pada bagian yang berwarna pink, dimana itu merupakan kata kunci pertama yang ditargetkan. Kemudian saya kembangkan menjadi tulisan yang berwarna merah tersebut dengan kata lain harus saling berkaitan dan semakna. Jika tidak paham, disini ada ucapan selamat hari raya, dan ada kata kata selamat hari raya. Kedua hal tersebut berkaitan erat sekali antara ucapan dan kata-kata.Jadi intinya seperti itu saja, bagaimana sudah paham bukan?

3. Tidak Memberi Tag

Sering kali kita dilihatkan kolom TAG, ketika hendak upload sebuah video. Jadi ada judul,deksripsi, dan TAG. Nah TAG ini sebenarnya sangat penting sekali dan sangat mempengaruhi sekali posisi video anda di nomor pertama.

Namun kenyataanya banyak yang lupa dan tidak memberi tag satupun. Pada akhirnya membuat video anda sepi bahkan tidak ada penonton. Jadi setiap anda hendak upload sebuah video, maka jangan lupa untuk memberikan dan mengisi tag tag tersebut. Hal tersebut dapat membantu sekali meningkatkan video anda di platform youtube.

Baca Juga : Ukuran Story Instagram Cm, Pixel, Corel dan Photoshop

Mungkin diantara anda ada yang masih kebingungan cara membuat tag? di bawah ini akan saya berikan contohnya.

Kembali ke topik utama tadi dengan judul Ucapan selamat hari raya idul adha 2019. Maka tag yang cocok dan bersangkut paut yaitu seperti ini ucapan selamat hari raya idul adha 2019, kata kata idul adha 2019, kartu ucapan selamat hari raya idul adha 2019, story ucapan idul adha 2019, video ucapan idul adha 2019.

Jadi intinya seperti itu, pasti anda bisa memahami bukan? sangat saling berkaitan jika anda perhatikan secara perlahan.

4. Thumbnail Kurang Menarik

Penyebab viewers youtube anda sedikit dan sepi yang terakhir yaitu karena thumbnail atau cover video anda kurang menarik. Maka dari itu biasanya video anda akan sepi dan bahkan tidak ada yang menonton satupun. Jika anda sudah memaksimalkan ketiga hal di atas, maka yang terakhir silahkan buatlah thumbnail video yang semenarik mungkin. Dimana buatlah thumbnail yang sekira membuat orang kepo dan ingin tahu isi video tersebut.

Memang susah bung kalau anda tidak jago dalam mengedit. Namun jika belajar secara perlahan pasti bisa kok. Anda bisa mengedit menggunakan aplikasi di hp seperti Pixellabs, Picsart dan di pc anda bisa menggunakan corel draw ataupun photoshop.

Jadi itulah keempat penyebab viewers youtube sedikit dan sepi. Semoga bermanfaat untuk anda semua yang ingin menjadi youtubers sukses. Sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *