8 Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti Di Hp Android

By | September 14, 2019
cara mengatasi sayangnya google play store telah berhenti

Mengatasi google play store yang telah berhenti sebenarnya perkara yang mudah. Google play store sendiri merupakan sebuah aplikasi dimana merupakan induknya yang nantinya dipakai oleh para pengguna android di seuluruh manca dunia dengan memberikan sejuta manfaat. Apabila tidak terdapat google play store mungkin saja para user android akan sangat merasa kesusahan sekali karena memang aplikasi , game, buku, dan masih banyak lagi yang ada di play store sangat bermanfaat yang paling penting gratis.

Bisa dibilang bahwa produk rilisan google ini sangat rekomended khususnya para pengguna android. Namun disamping banyaknya manfaat dan kelebihan dari google play store, tetapi terdapat satu kekurangan yakni sayangnya, google play store sering error dan keluar sendiri. Sering kali muncul juga mengenai error play store ini dan bermacam-macam pula di setiap jenis hp.

Mulai dari jenis hp xiaomi, oppo, realme, lenovo, vivo,samsung, lg, huawei, nokia, vivan, dan masih banyak lagi. Berbagai jenis notifikasi atau pesan yang muncul ketika google play store berhenti mulai dari menggunakan bahasa indonesia seperti di bawah ini.

Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti“, “Layanan, Google Play Store Terhenti“, “Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti“, “Sayangnya, Layanan Google Play Store Tidak Menanggapi“, “Sayangnya, Google Play Store Terus Berhenti“, “Maaf, Google Play Store Telah Berhenti” Layanan Google Play Store Terus BerhentiGoogle Play Store Tidak Menanggapi” nah itu yang bahasa Indonesia, sedangkan ada juga notifikasi muncul pesan error di google play store dengan menggunakan bahasa inggris seperti ini “Unfortunately Google Play Store Has Stopped“dan “Google Play Store Has Been Stopped” serta mungkin masih banyak lainnya, dimana setiap hp berbeda-beda notifikasinya.

Baca Juga : 10 Hadiah Ulang Tahun untuk Istri Tercinta dan Sederhana

Jadi pada intinya entah mengapa Google Play Store tiba tiba berhenti ataupun keluar sendiri, ada juga yang sering mengatakan kejadian ini dengan google play store force close. Hampir semua jenis sistem di android mulai dari versi os Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, bahkan Oreo pun sering mengalami hal di atas. Dimana memang terdapat berbagai macam penyebab kenapa google play store error dan terhenti seketika. Penyebabnya pun mulai dari banyaknya file cache pada setiap aplikasi ataupun apk google play store itu sendiri, RAM yang terdapat di hp itu terlalu penuh, errror maupun bug pada aplikasi, dan masih banyak lainnya yang mungkin tidak bisa disebut satu-satu.

Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti

Dalam mengatasi ataupun memperbaiki google play store yang error force close sendiri memang banyak sekali cara mengatasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak saja penjelasan di bawah ini.

1. Hapus Cache Google Play Store

Cara pertama untuk mengatasi google play store telah berhenti yaitu dengan cara menghapus cache pada setiap aplikasi ataupun pada aplikasi google play store itu sendiri. Perlu anda ketahui file cache sendiri bisa dibilang tumpukan sampah yang terdapat pada aplikasi, jadi file sampahnya lah secara sederhananya. Ketika file cache sudah terlalu banyak, maka ciri-cirinya sebuah aplikasi menjadi lelet ketika loading dan sering mengalami error.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Watermark Pada Filmora dengan Cepat

Sebenarnya masalah tiba-tiba aplikasi terhenti tidak hanya google play store saja, akan tetapi aplikasi lainnya seperti yang sering force close yakni instagram, line, whatsapp, pinterest ataupun lainnya. Maka dari itu untuk mengatasi masalah seperti ini diperlukan sekali menghapus file-file cache yang terdapat pada aplikasi google play tersebut.

Ada dua macam metode untuk bisa menghapus sebuah cache yang terdapat di sebuah smartphone, mulai dari cara manual bahkan menggunakan aplikasi. Anda bisa memilih salah satunya, sesuai keinginan anda. Untuk anda yang tidak memiliki ruang penyimpanan lebih karena full, anda bisa menggunakan cara manual. Karena ketika menggunakan sebuah aplikasi anda harus menginstall pihak ketiga terlebih dahulu. Untuk anda yang ingin menggunakan aplikasi bisa menggunakan aplikasi yang bernama CCLEANER dan Clean Master. Cara mengatasi secara manual perhatikan gambar di bawah ini dan ulasannya juga.

sayangnya google play store telah berhenti

Langkah 1 : Silahkan anda masuk ke settingan ataupun setelan yang terdapat di smartphone android anda.

Langkah 2 : Jika sudah silahkan menuju ke aplikasi ataupun aplikasi terinstall.

Langkah 3 : Setelah itu silahkan cari saja aplikasi Google Play Store, lalu tap saja.

Langkah 4 : langkah terakhir yaitu silahkan cari saja Hapus Cache, lalu tap saja hapus cache tersebut.

Baca Juga : Cara Bypass Akun MI Cloud / Xiaomi yang Lupa Password dan Terkunci (Locked) dengan PC

Jika sudah melakukan cara di atas, maka secara otomatis cache yang ada di aplikasi play store sudah terhapus. Kemungkinan besar errornya pun hilang. Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah disebut di atas agar lebih hilang lagi cachenya.

2. Paksa Henti dan Hapus Data Google Play Store

Apabila anda sudah menjalankan cara di atas ataupun cara pertama masih tetap tidak bisa, maka silahkan kamu lakukan cara yang kedua ini untuk memperbaiki play store agar tidak error lagi. Yakni dengan cara delete data play store tersebut. Perlu anda ketahui bahwa hapus data play store tersebut tidak menghilangkan data aplikasi secara keseluruhan, melainkan hanya data sementara saja. Untuk lebih jelasnya mengenai cara ini, silahkan simak cara di bawah ini.

google play store tidak menanggapi

  • Langkah pertama silahkan masuk saja ke pengaturan > dilanjut dengan klik aplikasi ataupun aplikasi terinstall > setelah itu cari saja google play store > setelah itu tinggal klik saja paksa henti> terakhir tinggal klik/tap hapus data.

3. Update Google Play Store Ke Versi Terbaru

Memang pada umumnya apabila sebuah aplikasi yang jarang diupdate, maka sering kali mengalami error ataupun tidak mau diakses. Hal tersebut karena aplikasi yang lama mungkin sering terjadi error dan tiba tiba berhenti sendiri yang disebabkan oleh berbagai macam bug yang muncul sendiri pada suatu aplikasi. Maka dari itu adanya update sebuah aplikasi bertujuan untuk mengatasi ataupun menghilangkan berbagai masalah yang timbul dari aplikasi seperti salah satunya bug itu sendiri.

Dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang jarang diupdate maka sering kali mengalami error sedangkan untuk aplikasi yang sudah diupdate oleh developer aplikasi itu sendiri , maka kemungkinan besar banyak masalah yang sudah hilang, so anda harus update agar tidak error play storenya seperti sayangnya aplikasi play store terus berhenti dan tidak mau menanggapi.

4. Uninstall Google Play Store dan Install Kembali

Pada dasarnya memang ketika ada barang yang rusak mengganti dengan hal yang baru maka suatu masalah tersebut akan selesai. Begitu pula dengan play store, apabila rusak maka tinggal uninstall saja setelah itu install yang baru lagi google play storenya. Mengingat google play store merupakan aplikasi induk, untuk anda harus terlebih dahulu download di google mengenai aplikasinya. Setelah itu jika sudah download, tinggal hapus saja aplikasi google play store, lalu install google play store yang terbaru. Jika sudah diinstall yang terbaru, maka jarang error ataupun force close lagi pokoknya.

Untuk anda yang belum tahu cara uninstallnya, sebenarnya gampang banget. Anda bisa melalui dua cara, cara pertama dengan menggunakan menu utama, sedangkan cara kedua yakni melalui pengaturan. Namun kali ini saya akan menjelaskan cara pertama saja dikarenakan lebih gampang. Pertama silahkan cari saja aplikasi play store, jika sudah ketemu tekan dan tahan, lalu arahkan pada tulisan uninstall yang muncul ataupun hapus. Tak hanya itu saja, untuk beberapa hp akan muncul sebuah tanda silang, dimana itu bermaksud menghapus aplikasi.

5. Restart Hp Android

Restart sendiri merupakan nyalakan ulang, dimana ketika sudah dilakukan restart ulang semua akan menjadi fresh seperti pertama kalinya. Layaknya di komputer apabila komputer mengalami lag ataupun lelet, setelah direstart akan normal kembali. Maka mengenai aplikasi play store pun demikian yang terdapat di hp, maka kamu tinggal restart saja hp anda masing-masing. Maka secara otomatis hp akan mati lalu hidup lagi, serta akan kembali seperti semula. Dimana error yang terjadi di google play store tidak terjadi lagi.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Penghasilan YouTube dengan Cepat dan Ampuh

6. Matikan Android, Cabut Baterai,SIM, dan Kartu Memori

Cara selanjutnya ini silahkan kalian coba matikan terlebih dahulu hp androidnya. Setelah itu silahkan cabut baterai, sim, dan kartu memori satu per satu. Apabila baterai anda baterai tanam, maka tidak usah dicabut, yang perlu anda cabut yakni kartu sim dan kartu memori. Jika sudah mencabut semuanya diamkan beberapa saat setelah itu hidupkan kembali hp. Lalu cek apakah masih error atau tidak? jika sudah tidak error maka pasang kembali yang sudah dicabut tadi ke hp android anda.

7. Hapus Data Google Play Service

Apabila keenam cara di atas masih tetap tidak bisa mengatasi sayangnya google play store telah berhenti, maka berikutnya tinggal coba cara selanjutnya ini yaitu silahkan hapus data google play service. Dimana caranya juga hampir sama seperti menghapus data google play store. Jadinya kamu tinggal masuk ke menu setelan, setelah itu aplikasi terinstall, dilanjut dengan mencari google play service, setelah itu klik atau tap saja jika sudah ketemu. Terakhir tinggal hapus data saja. Lalu restart hp, agar normal kembali aplikasinya.

8. Update Sistem Android

Langkah terakhir apabila semua cara memang sudah tidak bisa dilakukan lagi yaitu silahkan perbaharui sistem yang ada di hp android kalian masing-masing. Memang seperti kita ketahui apabila sistem belum di update maka sering kali mengalami error ataupun tidak mau berfungsi dalam beberapa hal. Salah satunya pada aplikasinya pun juga demikian ikut error. Maka dari itu untuk mengatasi unfortunately, google play stopped yakni silahkan update sistem pada android anda.

Untuk beberapa hp sendiri memiliki cara yang berbeda-beda, misalnya pada hp xiaomi itu terdapat di menu utama yang bergambar logo download. Dimana fungsinya untuk memperbarui sistem androidnya. Apabila tidak jelas lagi dengan tutorial di atas, di bawah ini saya membagikan cara dengan video juga.

Jadi itulah mengenai bagaimana cara mengatasi sayangnya, google play store tidak mau menanggapi. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami error tersebut, semoga cepat pulih hpnya juga. Sekian dan terima kasih. Apabila terdapat hal yang ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *