5 Tindakan Pertama Mengatasi Hp yang Jatuh di Air Ataupun Kemasukan Air

By | Maret 23, 2019
mengatasi hp terjatuh di air

Mungkin anda pernah pergi berwisata ke tempat-tempat yang terdapat banyak air seperti danau,sungai,pantai dan sebagainya? tentu saja jika pergi berwisata atau traveling tidak lupa yang namanya mengabadikan momen dengan foto di tempat wisata. Serta biasanya jika yang low budget untuk mengambil gambar foto dengan menggunakan smartphone saja ataupun ponsel genggam lainya.

Tentu saja jika berfoto di tempat yang terdapat banyak air harus ekstra hati-hati agar hp anda tidak jatuh ke air ataupun kemasukan air. Serta mungkin beberapa diantara anda ada yang mengalami kejadian tidak sengaja yaitu hp malah terjatuh ke air. Selain itu juga terkadang hp tidak sengaja kemasukan banyak air. Sehingga dapat membuat smartphone kepunyaan anda tersebut error dan tidak bisa hidup.

Biasanya ketika hp sudah jatuh ke air dan kemasukan banyak air, seketika anda akan langsung panik dan secara otomatis langsung menghidupkan kembali hp. Hal tersebut merupakan hal yang salah ataupun langkah yang salah. Maka dari itu anda harus mengetahui langkah pertama dalam mengatasi hp jatuh di air atau kemasukan air. Berikut langkah pertama yang harus anda lakukan agar hp anda tidak rusak dan tetap awet.

Tindakan Pertama Mengatasi Hp yang Jatuh di Air Ataupun Kemasukan Air

#1. Langkah pertama atau tindakan utama ketika hp kemasukan air yaitu coba tetap tenang dan jangan terlalu panik.

#2. Jangan coba-coba untuk menghidupkan hp anda kembali, jika anda menghidupkan kemungkinan malah membuat hp error dan rusak. Seperti diantaranya yang paling fatal yaitu IC hp rusak, Touchscreen tidak berfungsi, baterai drop dan sebagainya.

#3. Selanjutnya jika sudah tenang maka anda coba lepaskan semua bagian hp mulai dari baterai, mmc, micro sd, kartu operator/SIM, dan sebagainya. Jika baterai tanam maka biarkan saja dan usahakan casing terbuka.

#4. Jika sudah melepas semua komponen, maka selanjutnya yaitu keringkan sebisa anda. Jika anda masih berada di tempat wisata maka coba tiup tiup bagian hp yang sekira kemasukan air agar air cepat keluar dan kering. Jika anda sudah dirumah ataupun berada di rumah maka cepat-cepat hp anda masukan ke dalam tumpukan beras.

Baca Juga

Kenapa harus beras? karena beras sendiri dapat menyerap air-air yang terdapat pada hp secara cepat. Jika anda sudah mengubur hp pada tumpukan beras, maka tinggal tunggu saja 3 sampai 7 hari agar hp benar benar kering.

#5. Jika sudah mengubur dalam beras, maka coba colokan charger ke hp anda, hal tersebut agar sisa sisa sedikit air hilang karena aliran listrik serta panas pada hp. Kemudian hp akan berfungsi seperti biasanya.

Apabila hp malah rusak ataupun error bahkan yang paling fatal yaitu tidak bisa dihidupkan maka anda coba bawa ke konter untuk di cek saja. Kira kira apa yang rusak dan apa yang error, jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki sendiri, maka serahkan ke petugas service hp.

Biasanya biaya untuk memperbaiki hp yang rusak karena air kisaran 100 ribu hingga 300 ribu, tergantung merek hp masing-masing. Sedikit info dan tips, apabila anda pergi ke tempat berwisata yang banyak air, usahakan beli water resistance. Hal tersebut bertujuan agar hp tidak mudah kemasukan air ataupun terkena air.

Jadi itulah mengenai tindakan utama atau langkah pertama yang harus dilakukan ketika hp kemasukan air ataupun terjatuh di air. Semoga bermanfaat untuk anda sekian dan terima kasih. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *